26 Februari 2021 1:31 pm

Ini Perbedaan Probiotik dan Prebiotik, Sudahkah Anda Tahu?

Ini Perbedaan Probiotik dan Prebiotik, Sudahkah Anda Tahu?
Anda pasti sudah pernah mendengar kata “probiotik” dan “prebiotik”. Dua kata ini popular dalam iklan makanan dan minuman sehat baik di televisi, radio, bahkan sosial media. Namun, masih banyak yang salah memahami perbedaan antara kedua kata ini. Bahkan, tak jarang ada yang masih menganggap bahwa probiotik dan prebiotik memiliki arti yang sama. Nah, untuk mengetahui perbedaannya, mari simak ulasan berikut ini.

Apa itu Probiotik?

Pertama, mari kita bahas tentang probiotik. Dilansir dari laman Halodoc, sejatinya probiotik merupakan bakteri yang ada di dalam sistem pencernaan manusia. Namun, bakteri ini adalah jenis bakteri baik yang keberadaannya dapat memberikan manfaat bagi pencernaan. Bakteri ini memiliki beberapa fungsi, seperti menjaga kekebalan tubuh, mencegah infeksi, alergi, dan diare pada anak, juga untuk memperbaiki pola buang air besar. Contoh probiotik yang paling umum adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Apa itu Prebiotik?

Berbeda namun masih terkait dengan probiotik, prebiotik adalah “makanan” bagi probiotik itu sendiri. Prebiotik bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang banyak mengandung serat seperti gandum, kacang kedelai, kacang arab, serta sayur dan buah, seperti bawang putih, bawang bombai, daun bawang, asparagus, buah tin, dan pisang.

Manfaat Probiotik dan Prebiotik untuk Tubuh

Dilansir dari laman Alodokter, probiotik memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, diataranya:

  • Membantu mengatasi gangguan pencernaan, sepert diare atau sembelit.
  • Mengurangi gejala-gejala radang usus.
  • Mencegah diare yang terkait dengan pemakaian antibiotik.
  • Menjaga kesehatan saluran cerna.
  • Membantu mengatasi penyakit kulit, contohnya eksim.
  • Menjaga kesehatan saluran kemih juga area kewanitaan.
  • Mencegah alergi, pilek, dan infeksi pada saluran nafas atas.
  • Menjaga kesehatan mulut.

Sementara manfaat dari prebiotik adalah membantu prebiotik dalam berkembang biak demi menjaga kelancaran gerak usus juga meningkatkan berat feses. Prebiotik juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh pengonsumsinya terhadap serangan zat asing. Selain itu, prebiotik juga menstimulasi pertumbuhan bakteri seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium.

Tahukah Anda, kini Anda bisa mendapatkan manfaat prebiotik dalam bentuk kue, lho! Semuanya ada dalam Nunenasz Prebiotik Cookies. Untuk info katalog selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Nunenasz di https://cookiesnunenaszbandung.com/ dan mengikuti media sosial kami @nunenaszofficial (Instagram) untuk mendapat update terbaru.